Posts

Mengenal kode kerusakan lampu mil pada motor injeksi honda

Image
Sepeda motor injeksi honda di lengkapi dengan lampu mil mil ada lah malfunction indicator lamp yang berfungsi untuk memberikan tanda akan kondisi sistem PGM-fi, berupa signal kedipan lampu, berdasarkan kedipan mil kita kemungkinan terjadi nya kerusakan pada rangkaian senso, berikut ini daftar kode mil berdasarkan kedipan nya 1 kedipan berarti sensor map (manifold absolute pressure) 7 kedipan berarti ect (engine coolant temperatur) untuk motor beradiator dan eot (engine oil temperatur)tanpa radiator 8 kedipan berarti tp (throttle position) 9 kedipan berarti (intake air temperature) 12 kedipan berarti injector 21 kedipan berarti sensor oxigen 29 kedipan berarti iacv (idle air control valve) 33 kedipan berarti ecm (electronic control modul) 52 kedipan berarti ckp (crankshaft positioning sensor) 54 kedipan berarti bas (bank angel sensor) Terdapat 2 jenis kedipan lampu mil yaitu kedipan pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang (1,3 detik). Mil pendek ber

Sejarah singkat honda nsr150 di indonesia

Image
Hallo brosis... siapa si yang gak tau kedigdayaan honda nsr series pada era 90an motor yang mengantarkan doohan hingga valentino rossi menjadi juara motogp kelas 500cc. Mungkin sebagian ada yang bertanya tanya apa itu honda nsr, honda nsr adalah motor sport 2 tak, honda 2 tak? Ya Kalian tidak salah baca brosis memang honda terkenal dengan mesin 4 tak nya di indonesia tapi jangan salah honda juga memproduksi mesin 2 tak lho brosis salah satu nya honda nsr ini, sebuah hypersport bike yang kata melegenda di ajang balap jalanan tanah air pada era 90an NSR adalah kependekan dari new sprint racer motor ini di kembangkan oleh divisi balap dari honda(honda racing corporation ) mereka mengembangkan mulai dari varian nsr500 untuk balap gp hingga varian terimut nsr50 di indonesia beredar varian 150c dari yang r, rr, new rr dan hingga varian yang paling banyak di buru kolektor yaitu nsr sp dengan proarm nya, part yang super eksotis untuk motor 150cc lansiran tahun 90an bikin ngiler bros

Impresi riding all new honda beat eco setelah pemakaian satu tahun

Image
Honda beat tak bisa di pungkiri adalah motor sejuta umat di indonesia dan sebagai market leader penjualan sepeda motor di tanah air , ini membuktikan motor ini sangat di sukai di kalangan konsumen tanah air, mungkin karena desain nya menarik, irit bahan bakar dan harga jual kembali nya tergolong lebih tinggi jika di bandingkan dengan motor matic marek lain, nah gimana impresi pemakain motor ini selama satu tahun pemakaian berikut ini akan saya bahas Sudah 16rb km motor ini menjelajah jalanan kota bandar lampung dan sekitar nya, no plat belum saya pasang hehe.... selama pemakain tidak banyak masalah yang di temui, hanya mengganti kampas rem depan dan service serta pergantian oli mesin setiap kelipatan kilometer 2000 serta oli gearbox terhitung baru dua kali selama pemakain tarikan motor ini cukup responsif di putaran bawah Ya meskipun ada banyak kekurangan juga misal nya suspensi yang agak keras tapi hal ini tidak mempengaruhi handling karna motor ini terasa lincah saat di kemudi

Kapan sebaik nya pergantian oli mesin motor matic Honda dilakukan???

Image
Pada dasar nya standar yang dianjurkan untuk penggantian oli mesin pada motor matic dan motor dengan transmisi manual sama brosis yakni 2000 km sesuai dengan yang di anjuran bengkel resmi ahass, hal ini di maksudkan agar oli mesin tidak banyak berkurang dan habis yang bisa mengakibat kan mesin overhead, jika oli mesin terlalu lama tidak di ganti mengakibat kan komponen komponen pada mesin mengalami kerusakan karena pelumasan pada mesin tidak maksimal brosis. Ada dua jenis oli standar untuk matic honda yaitu mpx2 dan spk2 untuk spesifikasi, keunggulan oli mpx2 dan spx2 akan di bahasdi artikel terpisah ya brosis, gantilah oli per 2000km agar mesin awet dan kinerja mesin tetap optimal