Mengenal apa itu sistem PGM-FI pada sepeda motor honda

(PGM-FI) Programmed fuel injection adalah sistem suplai bahan bakar yang di kontrol secara elektronik untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar secara optimum yang di butuhkan oleh mesin pada setiap keadaan

Perbandingan dimensi partikel bahan bakar antara PGM-FI dan karburator :

PGM-FI : partikel bahan bakar lebih kecil dan homogen dengan udara sehingga terbakar lebih sempurna

Karburator : partikel bahan bakar lebih besar dan kurang homogen dengan udara

Skema cara kerja PGM-FI

sistem aliran bahan bakar

Terdiri dari ecm, throttle body, injector, fuel pump

1.ecm (electronic control module )
Berfungsi sebagai pengontrol kerja sistem dengan mengolah informasi yang di kirimkan oleh komponen sensor

2. Throttle body
Berfungsi untuk mengatur jumlah udara masuk sewaktu pengendara mengoprasikan Throttle valve yang terhubung dengan Throttle grip

3. Injector
Bekerja sesuai sinyal ecm untuk menyemprot kan bahan bakar ke dalam intake manifold

1. Fuel pump
Fungsi dari fuel pump adalah memompa dan mengalirkan bahar bakar bertekanan dari tangki ke injector

Sensor sensor yang ada padi sistem PGM-FI
1.eot sensor (engine oil temperature)
2.engine coolant temperature (ect) sensor
3. Intake air temperature (iat) sensor
4. throttle positioning (TP) sensor
5. Manifold absolute pressure (MAP) sensor
6.crankshafts positioning sensor (ckp)
7. Oxigen sensor
8. Bank angel sensor

Itulah tadi sedikit pengenalan tentang sistem PGM-FI semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Suzuki RGR 150 di indonesia

sejarah singkat honda sonic

Sejarah singkat Kawasaki ninja 150 2 tak..