Mengenal teknologi cbs pada motor matic honda

Mungkin tidak semua orang mengetagui apa itu teknologi cbs, apa si sebenaran nya cbs itu.? 

Cbs (combie brake system) adalah sistem pengereman yang mengkombinasikan rem depan dan rem belakang, hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri maka rem depan dan belakang berfungsi secara bersamaan.

Teknologi ini sudah di aplikasikan disemua motor matic honda keluaran terbaru  yang menggunakan embel embel cbs di belakang nama nya.
Dengan ada nya teknologi ini maka dapat melakukan pengereman dengan jarak yang lebih dekat dan bobot pengereman lebih seimbang antara rem depan dan rem belakang sesuai dengan kebutuhan pengereman.

Cara kerja teknologi cbs :

Ketika tuas rem sebelah kiri di tekan maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan menjadi dua, yang satu menuju rem roda belakang dan yang satu nya lagi menuju ke tuas ungkit. 

               Cara kerja teknologi cbs

Gunanya untuk menekan knoker yang akan menekan piston hidrolik, yang kemudian akan bereaksi untuk mengaktifkan rem cakram depan. Pada proses ini kekuatan pengereman  akan terbagi secara otomatis pada kedua roda,  depan dan belakang.

Teknologi ini dapat membantu para pemula untuk dapat melakukan pengereman yang aman layak nya seorang yang pro, karena pada teknologi cbs ini mendistribusikan pengereman secara merata.

Ada yang perlu di perhatikan jika pengguna motor honda dengan fitur ini ketika mengganti kampas baru mintalah penyetelan ulang pada mur adjuster jika dirasa rem depan lebih dominan,  karena pada dasar nya pembagian rem pada teknologi ini adalah 60% rem belakang dan 40% rem depan.

Itu lah tadi sedikit pembahasan tentang teknologi cbs pada motor honda, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Suzuki RGR 150 di indonesia

sejarah singkat honda sonic

Sejarah singkat Kawasaki ninja 150 2 tak..