Mengenal teknologi iss pada motor matik honda

Mungkin sebagian dari Kalian masih bertanya tanya apa sih iss itu...? 

Mungkin juga sekedar tau kalo mesin mati ketika lampu merah, memang benar brosis tapi itu sangat tidak tepat.

Mari kita ulas bersama, iss adalah kependekan dari idling stop sistem,  sebuah sistem untuk mematiakan mesin motor secara otomatis pada saat motor berhenti sejenak, jadi bukan cuma di lampu merah saja ya brosis.
Teknologi ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak di perlukan serta menurunkan emisi gas buang, lebih hemat bahan bakar, kerja mesin lebih efisien dan tentu saja ramah lingkungan,  gambaran umum nya seperti itu brosis.

Sekarang kita bahas gimana si cara kerja teknologi iss ini :

Tekan tombol idling stop dan pastikan lampu indikator pada panel speedometer sudah menyala, lampu indikator berwarna hijau jika menyala. Dan setelah motor berjalan sensor speed akan mengirim sinyal ke ecm untuk mengaktifkan idling stop, apa bila motor berhenti minimal 3 detik maka ecm akan mengirim sinyal yang akan mematikan mesin, lampu indikator akan berkedip yang bertanda bahwa idling stop sedang aktif dan digunakan.

Kemudian saat handle gas di puntir maka throttle position sensor akan mengirim sinyal ke ecm untuk mengerakan alternator sehingga mesin nyala kembali tanpa menekan tombol starter, dapat dikatakan mesin motor otomatis menyala saat handle gas di puntir.

Syarat agar teknologi iss ini bekerja :
-tekan tombol idling stop ke posisi "idling stop"
-putaran mesin normal pada rpm 1700+/-100
-temperatur mesin melebihi 60 derajat selsius
-kecepatan motor sudah melebihi 10 km/jam
-handle gas dalam posisi tertutup penuh
-kondisi motor berhenti setidak nya 3 detik maka indikator lamp akan otomatis berkedip dan secara otomatis mesin akan mati.

Teknologi iss ini dapat menghemat sekitar 37% pemakaian bahan bakar, serta 7% lebih ramah lingkungan di bandingkan dengan motor yang tidak menggunakan teknologi iss.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Suzuki RGR 150 di indonesia

sejarah singkat honda sonic

Sejarah singkat Kawasaki ninja 150 2 tak..